Rabu, 26 Desember 2007

Robot Bantu Pekerja Awasi Rel Kereta Api

Moskow - Memeriksa setiap bagian rel kereta api merupakan pekerjaan yang membahayakan nyawa manusia. Di Rusia, para pekerja di perusahaan kereta api kini terbantu dengan kehadiran robot yang dapat menggantikan manusia bekerja memeriksa rel di area sulit. Selain itu, robot ini juga mampu melakukan atraksi menghibur seperti berjoged dan berbicara.

Ada delapan buah robot yang digunakan untuk uji coba. Tujuh diantaranya memiliki tinggi 35 cm, dan satu robot memiliki tinggi 1,4 meter dengan berat 70 kg.

Sebuah stasiun televisi Rusia telah menampilkan kebolehan robot-robot tersebut yang berjoged di atas meja dengan disaksikan banyak orang. Salah satu robot mengucapkan kata "Halo" dan beberapa kata lainnya.

"Kami berencana membuat robot khusus yang dapat menggantikan manusia bekerja di area sulit rel kereta api. Robot ini nantinya dapat memeriksa bagian rel kereta api yang dapat membahayakan akses manusia," ujar Roman Timofeyev, dari perusahaan rel kereta api, demikian seperti dikutip detikINET dari AFP, Rabu (26/12/2007).

Tidak ada komentar: