Rabu, 26 Desember 2007

Di-upgrade, Asimo Lebih Peka

Tokyo - Honda telah meningkatkan kemampuan robot humanoidnya, Asimo. Kini, robot yang bergerak dengan kedua kaki itu diklaim lebih peka dan mampu bekerja sama dengan robot lain.

Jika berkunjung ke kantor pusat Honda di Aoyama, Jepang, Anda akan menemui Asimo versi terbaru ini. Disana, tamu yang berkunjung akan disapa dan dilayani oleh robot yang pertama kali diperkenalkan sejak tahun 2005 ini dengan makanan dan minuman.

Honda mengatakan, dalam upgrade ini Asimo diperkuat dengan teknologi kecerdasan untuk menunjang gerakan. "Teknologi kecerdasan ini dapat meningkatkan kemampuan gerakan menjadi lebih halus," sebut Honda.

Bahkan, Tg Daily yang dikutip detikINET, Sabtu (22/12/2007) melansir, Asimo kini mampu berjalan mundur serta memprediksi gerakan obyek yang mendekat, baik itu manusia atau robot Asimo lainnya. Kemampuan lain yaitu fitur yang memungkinkan sejumlah robot Asimo bekerja sama

Informasi seputar status ter-update di tiap robot di-share melalui suatu unit jaringan. Dengan cara ini, para robot dianggap dapat lebih menjalankan tugasnya dengan lebih efisien.

Sementara untuk sumber energi, Asimo masih ditunjang dengan kemampuan baterai yang diisi ulang. Ketika kondisi baterai berada dalam level tertentu, Asimo mampu mendeteksi dan berjalan ke tempat pengisian baterai terdekat dan bisa di-recharge sambil berdiri.

Tidak ada komentar: