Kamis, 27 Desember 2007

Internet Information Services (IIS)

syarat utama untuk bisa menjalankan aplikasi ini adalah harus terinstallnya Internet Information Service (IIS). Untuk memastikan apakah sudah aktif di dilihat seperti dibawah ini :

Klik Start > Control Panel

Pilih Add or Remove Programs > Add/Remove Windows Components

Kalau belum aktif, maka aktifkan dulu dengan mengklik (cek) pada pilihan tersebut lalu silahkan ikuti perintah selanjutnya dengan memasukan CD Windows Installer sampai selesai.


Nah, Tahap pertama untuk menginstall aplikasinya adalah Komputer server ( disini saya sebutkan saja Komputer 1 ) dengan memberikan alamat IP Address 192.168.0.1 dan untuk Komputer yang tinggal mengganti alamat terakhir saja, eg. 192.168.0.2, 192.168.0.3 …. dst.

Tahap berikutnya saya membuat dan memasukan semua file installer kedalam folder C :\asp

Selanjutnya klik Start > Control Panel > Adminstrative Tools > IIS

Buatlah Web sites di virtual directory > berikan nama aliasnya ( eg. LatihanASP ) lalu pilih direktori penyimpanan file installer tadi yaitu C:\asp selanjutnya Next lalu Finish.

Sampai disini, apabila aplikasi berbasis database maka kita harus memasukan databasenya, masih didalam menu Adminstrative Tools pilih Data Sources (ODBC), masuk kedalam system DNS dan tambahkan dengan mengklik tombol Add, karena database berformat .mdb ( Microsoft access ) maka pilihlah Microsoft Access driver (*.mdb), lalu Finish.

Masukan Data Source Namenya dan juga pilih databasenya dengan menglik tombol Select …

Akhiri OK dan Ok,

Sekarang kita test dengan membuka penjelejah Internet kesukaan masing-masing, dan masukan alamat address yaitu http://localhost/virtualdirektory/ ambil contoh sesuai settingan diatas maka menjadi http://localhost/latihanASP/index.asp, sebagai catatan file index.asp hanyalah contoh saja apabila setiap membuka aplikasi bukan bernama file index.asp maka tinggal di sesuaikan saja.

Sampai disini untuk penginstallan di komputer server telah selesai, sekarang kita akan mensetting agar komputer yang lain dapat mengkases aplikasi tersebut, caranya sangatlah mudah sekali …

Ok sekarang kita mulai, tanpa mengutak atik komputer server lagi kita langsung komputer client dengan membukan internet explorer ( browser favorit nehh ), lalu ketikan alamat addressnya http://192.168.0.1/latihanASP/index.asp dengan menunggu sejenak maka aplikasi berbasis asp dapat dijalankan di computer client.

Selamat mencoba ..!!

Tidak ada komentar: