Rabu, 26 Desember 2007

Rasakan Sakit, Robot Teriak 'Ouw'

Tokyo - Orang sering enggan ke dokter gigi karena takut sakit saat giginya dicabut. Oleh karena itu, seorang dokter gigi dituntut untuk peka terhadap rasa sakit yang diderita pasien. Sebuah robot yang bisa mengekspresikan rasa sakit pun dijadikan alat latihan.

Robot bernama Simroid ini menyerupai wanita muda yang menarik, berambut panjang serta mempunyai tinggi 160 cm. Kemampuannya, dapat mendengarkan instruksi serta memberi bereaksi dengan suara, gerakkan mata serta tangannya.

Simroid memang sengaja dirancang untuk latihan praktek di sekolah kedokteran gigi. Ia dapat menunjukkan ekspresi ketidaknyamanan dengan mengerutkan dahi ketika tengah dilakukan praktek. Bahkan hebatnya lagi, Simroid juga mampu bilang 'itu sakit' dan berteriak 'ouw' ketika bor sang dokter gigi mengenai sarafnya.

"Robot ini begitu hidup, sehingga calon dokter gigi dapat belajar memahami perasaan pasien dan berusaha untuk meningkatkan keahliannya serta memperlakukan pasien secara manusiawi," ujar Tatsuo Matsuzaki, dari perusahaan pembuat robot Kokoro.yang dikutip detikINET dari AFP, Kamis (29/11/2007).

Tidak ada komentar: